Serunya Workshop Pengembangan Softskill PoltekMu Makassar

Serunya Workship Pengembangan Softskill PoltekMu Makassar

MAKASSAR– Politeknik Muhammadiyah (PoltekMu) Makassar menggelar workshop pengembangan softskill bagi mahasiswa tingkat dua pada Sabtu–Ahad, 25–26 November 2023 di Max Hotel Panakkukang.

Pelatihan itu merupakan salah satu agenda tahunan PoltekMu untuk memberikan bekal kecakapan hidup bagi mahasiswa yang akan melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL).

Pelatihan itu disambut positif oleh para peserta. Pasalnya, forum pelatihan berlangsung menyenangkan karena diisi gim (permainan). Materi yang diberikan, yaitu manajemen diri, manajemen waktu, literasi finansial, dan public speaking.

Hal yang membuat semakin menarik, setiap permainan merupakan bagian dari materi yang diberikan. Peserta belajar sambil bermain.

Permainan itu langsung dievaluasi oleh fasilitator, sehingga peserta dapat langsung mengambil hikmah dari permainan. Bahkan, ada permainan yang dibahas khusus mendalam dalam pertemuan yang dihelat pada Ahad, 26 November 2023.

Apresiasi itu salah satunya datang dari Ahmad Sultan Aupa. Ketika ditanyai materi yang paling berkesan bagi dirinya, ia menyebut materi literasi finansial. “Saya sadar, selama ini ternyata saya boros sekali. Selalu makan di luar, padahal bisa masak di kos dan itu jauh lebih hemat,” kata Ahmad.

Ia juga menyadari bahwa banyak hal yang ia beli bukan karena kebutuhan. Ahmad menyadari hidupnya sangat konsumtif. “Saya jadi berpikir untuk mengubah hidup, harus lebih hemat, mengatur pengeluaran, menabung, memilah yang mana kebutuhan, mana hanya keinginan,” kata dia.

Ahmad menyayangkan waktu pelaksanaan pelatihan itu yang singkat. Pasalnya, dirinya ingin memperdalam materi yang ia dapatkan.

“Semoga ada pelatihan yang lebih mendalam lagi untuk kami lebih melatih diri,” harap Mahasiswa TEM tingkat dua itu.

Ketua Unit Pusat Pengembangan Karier dan Tracer Study PoltekMu Makassar, A. Syahrani A Patunru, S.T., M.M. mengungkapkan, kegiatan tersebut bekerja sama dengan PT Bhima Mitra Prima, sebuah lembaga yang bergerak dalam layanan pengembangan sumber daya manusia.

“Bhima Mitra Prima ini memang sudah ahlinya dalam bidang sertifikasi dan training kompetensi. Insya Allah, ilmu dari mereka akan sangat berguna bagi kita, karena memang fasilitatornya, insya Allah, semuanya andalnya di bidangnya,” kata dia.

Pihaknya berharap, para peserta dapat memiliki kecakapan hidup, memahami potensi diri, bakat, dan minat, sehingga nantinya juga dapat menjadi penunjang untuk memutuskan terkait karier masa depan.

Terakhir, Ia mengatakan, pelatihan seperti ini tidak hanya terkait kecakapan hidup, tetapi juga untuk keilmuan peserta, seperti teknik kalibrasi bagi mahasiswa TEM, phlebothomy untuk TLM, dan teknik radiografer untuk prodi Radiologi.

Pelatihan softskill itu juga dikawal langsung oleh para Wakil Direktur PoltekMu Makassar. Wadir 1 A.M. Fadhil Hayat, S.KM., M.Kes, Wadir 2 Dr. Ir. Usman Umar, M.T, dan Wadir Nurul Ni’ma Azis, S.ST., M.Kes hadir langsung dalam pelatihan itu. Bahkan, Wadir 3 PoltekMu Makassar hadir sejak awal sampai penutupan pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *